Tips Sehat Bekerja Setiap Hari di Depan Komputer

banner 468x60
arisurachman.com – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi dari dunia kesehatan, dimana dalam kesempatan ini saya akan membahas tips sehat bekerja di depan komputer. Menggunakan komputer berjam-jam bisa menimbulkan masalah yang serius bagi kesehatan, namun terkadang kita mengabaikan hal itu padahal efek yang ditimbulkan nya adalah efek jangka panjang. Terlalu lama memakai komputer terkadang kita merasakan risiko sakit kepala, sakit punggung, nyeri pergelangan tangan, bahkan yang lebih parah lagi daripada itu. Untuk itu saya akan memberikan sedikit informasi mengenai Tips Sehat Bekerja Setiap Hari di Depan Komputer.
 Bekerja Setiap Hari di Depan Komputer
Terlalu lama memperhatikan layar komputer bisa menyebabkan Computer Vision Syndrome. Yaitu suatu kelainan dimana kita tidak bisa fokus terhadap suatu objek ketika memalingkan mata dari depan monitor. Selain itu mata kita juga lebih beresiko terkena miopia atau mata minus. Tidak sedikit anak muda sekarang yang sering berlama-lama di depan komputer sudah memakai kacamata. Oleh karena itu, perhatikan tips sehat bekerja di depan komputer di bawah ini.

Tips Sehat Bekerja Setiap Hari di Depan Komputer

1. Mengatur letak komputer
Tata letak komputer juga harus kita perhatikan. Aturlah supaya monitor sejajar dengan mata kita dan jarak sekita satu lengan kita, perhatikan juga pencahayaan pada ruangan supaya mata kita tidak melotot ke layar komputer, tidak lupa aturlah kecerahan dan kontras layar komputer supaya tidak terlalu silau ataupun terlalu redup.

Letak keyboard dan mouse juga harus di perhatikan, karena kedua peralatan input ini berperan besa pada pekerjaan yang anda lakukan. Usahakan tangan anda lurus saat memakai keyboard, dan tempatkanlah mouse di tempat yang mudah di jangkau.

2. Perhatikan posisi duduk
Posisi duduk juga berpengaruh pada kesehatan, posisi duduk yang salah bisa menimbulkan kelainan pada tulang belakang. Selain itu supaya anda tidak terlalu kaku, sering-seringlah menggeser posisi duduk anda dan buatlah diri anda serileks mungkin.

3. Mengatur fokus mata
Jangan terlalu fokus pada layar monitor, sesekali palingkanlah pandangan anda pada hal lain. Terlalu lama fokus pada layar monitor dapat menyebabkan Computer Vision Syndrom, yaitu sebuah kelainan dimana kita tidak dapat fokus pada objek lain saat tiba-tiba berpaling dari layar monitor.

4. Istirahat
Setiap 60 menit, ada baiknya kita beristirahat sejenak seperti melakukan peregangan untuk melemaskan otot dan urat kita yang tegang. Hal ini dapat membantu menghilangkan rasa pegal atau menghindari nyeri punggung, atau pergelangan tangan.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit yang dapat timbul akibat berkerja terlalu lama di depan komputer. Rupanya dicukupkan sekitan informasi dari saya kali ini mengenai Tips Sehat Bekerja Setiap Hari di Depan Komputer. Semoga informasi tadi dapat membantu dan menambaha wawasan bagi anda sahabat setia arisurachman.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *